Minggu, 12 Juli 2015

Pengertian Geografi Penduduk

Pengertian Geografi Penduduk - Salam. Sudah cukup lama blog ini tidak terisi, mumpung lagi free mari menulis lagi. Nah, kali ini aku mau nge-share soal pengertian geografi penduduk. Teringat waktu kuliah dulu sih, ada tugas dari dosen suruh mencari pengertian geografi penduduk dan studi kependudukan. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian.

Menurut Nursid Sumaatmadja (1988: 54), Geografi penduduk (Population Geography) adalah cabang geografi manusia yang obyek studinya aspek keruangan dari penduduk. Obyek studi ini meliputi penyebaran, densitas, perbandingan jenis (sex ratio), perbandingan manusia dengan luas tanah (man land ratio) dan lain-lain sebagainya. Pada geografi penduduk, manusia dipelajari sebagai penghuni sesuatu wilayah; dianalisa kuantitas dan kualitasnya sesuai dengan wilayah yang ditempati; dianalisa perbandingan kuantitas dengan luas tanah yang dihuni; dianalisa penyebaran dan densitasnya dari satu wilayah ke wilayah lain dengan memperhatikan faktor lingkungan geografi yang mempengaruhinya; dan dianalisa pertumbuhannya sesuai dengan wilayah yang ditempatinya, dan demikian seterusnya. Pendek kata, segala aspek keruangan yang berkenaan dengan manusia sebagai penduduk suatu wilayah, menjadi bahan interpretasi dan analisa Geografi Penduduk.

Begitulah sedikit pembahasan mengenai Pengertian Geografi Penduduk yang saya ambil dari Buku Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan oleh DR. Nursid Sumaatmadja. Ada kurang lebihnya mohon maaf, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari para pembaca. 
Oya, ada juga nih pengertian Geografi Sosial (Social Geography), bisa jadi bermanfaat untuk teman-teman. Terimakasih.


Sumber:
Sumaatmadja, Nursid. (1988). Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Penerbit Alumni.

2 komentar