Jumat, 06 Februari 2015

Pengertian Geografi Sosial

Pengertian Geografi Sosial - Sebelumnya sudah kita bahas mengenai Pengertian Geografi Secara Harfiah dan Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Geografi. Nah, kali ini kita bahas lagi pengertian yang lain yang tidak jauh-jauh dari kata geografi yaitu Geografi Sosial (Social Geography). Seperti yang kita ketahui bahwa geografi sosial merupakan cabang dari geografi manusia (human geography). Ada berbagai macam definisi mengenai geografi sosial menurut beberapa ahli, diantaranya yaitu:

a. Nursid Sumaatmadja (dalam Banowati, 2013: 6), Geografi sosial merupakan cabang geografi manusia yang mempelajari aspek keruangan dari karakteristik penduduk, organisasi sosial dan unsur kebudayaan serta kemasyarakatan.

b. Bintarto (1968: 17), Geografi sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara penduduk dengan keadaan alam serta aktivitas dan usaha dalam menyesuaikan dan menguasai keadaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan hidupnya.

c. Watson (1957), Geografi sosial adalah suatu identifikasi daerah (region) yang berdasarkan himpunan gejala sosial hubungannya dengan lingkungan secara keseluruhan.

d. Phal (1965), Geografi sosial adalah studi tentang pola dan proses sosial penduduk dalam ruang tertentu.

e. Buttimer (1968), Geografi sosial adalah studi pola keruangan dan hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosial mereka, struktur internal dan eksternal dari kegiatan penduduk beserta berbagai jalur komunikasinya.


Sumber:
Bintarto. (1968). Buku Penuntun Geografi Sosial. Yogyakarta: U. P. SPRING.
Eva Banowati. (2013). Geografi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Website.