Senin, 23 Februari 2015

Pameran Kumpulan Infografik KOMPAS ‘INDONESIA DALAM INFOGRAFIK’


Pameran Kumpulan Infografik KOMPAS ‘INDONESIA DALAM INFOGRAFIK’ Jurnalisme infografik merupakan visualisasi informasi dengan grafis, yang dilakukan dengan pendekatan jurnalistik. Dalam proses pembuatannya, infografik pada media massa mengikuti kaidah jurnalistik yang mengacu pada kejujuran, akurasi, dan obyektivitas. Uraiannya pun mesti mengikuti kelengkapan prinsip 5W+1H (who, what, why, when, where, how): siapa, apa, mengapa, kapan, di mana, dan mengapa. Perancang infografik harus memahami materi, yang sering krusial, untuk ditampilkan dalam karyanya.

Penerbitan buku Indonesia dalam Infografik dilakukan untuk menyambut ulang tahun ke-49 harian Kompas yang jatuh pada 28 Juni 2014. Topik infografik yang dipilih berfokus pada karya yang mengangkat keindonesiaan dari segi sejarah, budaya, dan lingkungan.

Karya jurnalistik infografik yang sudah diterbitkan diolah kembali dalam format buku dengan memperkaya isi atau menambah data yang diperlukan. Selain itu, juga diperbarui tata letak untuk mendapatkan efek visual yang lebih kuat.

Karya-karya infografik dipamerkan di Bentara Budaya Yogyakarta, 26 Februari – 4 Maret 2015 setelah sebelumnya juga dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta di bulan Desember 2014.

Pembukaan & Diskusi: Kamis, 26 Februari 2015 Pukul 19.30 WIB
Workshop: Sabtu, 28 Februari 2015 Pukul 10.00 – 15.00 WIB
Pameran berlangsung: 26 Februari – 4 Maret 2015 pukul 09.00 – 21.00 WIB
Tempat: Bentara Budaya Yogyakarta, Jl. Suroto No. 2 Kotabaru, Yogyakarta

Karya: Novan Nugrahadi, Pandu Lazuardy Patriari, Septa Inigopatria, Gusti Pemuda Bestari, Dicky Indratno, Rahardi Handining, Andri Reno Susetyo, Stevanus Wahyu Andrie Pamungkas, Gunawan Kartapranata, Dimas Tri Adiyanto, Luhur Arsiyanto Putra, Gracia Veronica Degawidjaja, Emille Junior, Fransiscus Wessi Barma, Kartika Yunianto, Pietter Buyung Kristianto, dan Supradani Putri Nurina.