Kamis, 12 Juni 2014

Kontes Robot Indonesia 2014 di UNY

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 di UNYKreativitas dan inovasi mahasiswa di perguruan tinggi dewasa ini semakin menunjukkan bobot yang perlu mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan tidak hanya di jajaran pendidikan nasional saja, melainkan juga berbagai pihak. Wacana-wacana teoritis, ide, dan gagasan sudah saatnya untuk diimplementasikan dalam situasi yang nyata. Hal ini menunjukkan betapa tuntutan dalam rangka mendorong kemajuan bangsa dapat diwujudkan dari sisi pengembangan teknologi. Kontes robot adalah salah satu wahana yang baik untuk mendorong kreativitas mahasiswa sekaligus mengimplementasikannya dalam bentuk penerapan teknologi. Untuk itu perlu memberdayakan potensi dosen dan mahasiswa dalam beberapa bidang ilmu, dan saling bersinergi mewujudkan karya robot terbaik.

Ajang kontes robot merupakan salah satu ajang bergengsi untuk menunjukkan prestasi mahasiswa dalam bidang robotika dan diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pemilihan tim dengan robot terbaik dilakukan melalui mekanisme kontes robot secara bertahap. Pada tahun 2014 Kontes Robot Indonesia (KRI) terdiri atas Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Kontes Robot Indonesia tahun ini, Universitas Negeri Yogyakarta dipercaya sebagai penyelenggara. Pengalaman menjadi penyelenggara Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia Regional III Tahun 2011 dan fasilitas yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta cukup memadai untuk menyelenggarakan event nasional maupun internasional sehingga diharapkan Kontes Robot Indonesia Tahun 2014 dapat terlaksana dengan baik.

Nah, bagi temen-temen yang tertarik untuk melihat kontes robot ini, jangan kalian lewatkan besok tanggal 24 - 27 Juni 2014 di Gedung Olah Raga (GOR) UNY.