Minggu, 11 Mei 2014

ART JOG 2014 "Legacies of Power"

ART JOG 2014 - Kali ini tema yang diangkat dalam acara ART JOG 2014 adalah Legacies of Power. Sebagai tema dalam konteks, Legacies of Power berfokus pada tahun 2014, tahun politik bagi Indonesia dimana kita akan menjelang peristiwa besar dan penting yaitu pemilihan umum, dengan pemilihan presiden baru sebagai puncaknya. Pergantian kekuasaan di tengah sengkarut dunia politik dalam dekade terakhir yang diwarnai maraknya kasus korupsi partai dan mengakibatkan turunnya kepercayaan rakyat dan rendahnya pertumbuhan ekonomi menjadikan tahun 2014 menarik untuk diamati.

Namun perlu pemahaman sejarah untuk dapat memandang masa depan. Legacies of Power mencoba menggali persoalan demokrasi dengan melihat kembali sejarah peralihan kekuasaan di Indonesia, baik melalui konfrontasi yang bersifat fisik, adu diplomasi maupun proses yang lebih demokratis seperti pemilihan umum, sebuah fenomena yang perlu kita gali lebih lanjut karena banyak hal bisa kita temukan di sini.

Peristiwa peralihan kekuasaan tahun 1965 memunculkan tokoh baru yang berhasil menjadi penguasa. Demikian pula saat peralihan Orde Baru ke Era Reformasi, ketika Presiden Soeharto didemo masyarakat karena dianggap tidak mampu mengatasi persoalan negara yang dihinggapi krisis ekonomi. Peristiwa- peristiwa di atas memunculkan tokoh-tokoh yang kemudian beberapa diantaranya menjadi pemimpin resmi bangsa ini.

Tahun 2014 adalah momen pergantian pemimpin yang juga dipandang sebagai manifestasi suara rakyat, terlebih bagi Indonesia yang memakai sistem pemilihan presiden secara langsung. Saat itulah seluruh harapan dan cita-cita digantungkan pada sang pemimpin baru, sang superhero yang seolah akan mampu menyelesaikan seluruh problem negara. Tak hanya itu, pelantikan presiden baru akan secara riil mengangkat kondisi ekonomi Indonesia walau hanya sementara.

Banyak suara bernada kecewa dalam era kepemimpinan presiden yang sekarang, yang toh sudah tidak bisa terpilih lagi setelah menjabat dua periode. Kekecewaan ini meningkatkan harapan akan munculnya pemimpin baru yang layak dan membanggakan. Apakah 2014 akan menjadi titik balik bagi Indonesia atau akankah kita terus terpuruk?

Dengan memandang ke depan sembari becermin pada sejarah peralihan kekuasaan bangsa, bagaimana seharusnya kita memaknai momentum pergantian pemimpin?
Oleh: Bambang ‘Toko’ Witjaksono (Kurator ART|JOG|14)

AGENDA ART JOG 2014
1. Pembukaan Pameran
Sabtu, 7 Juni 2014
di Taman Budaya Yogyakarta
Jalan Sri Wedani No. 1 Yogyakarta Indonesia

2. Pameran
Tanggal 7 - 22 Juni 2014
Buka dari jam 10.00 - 21.00 WIB
di Taman Budaya Yogyakarta
Jalan Sri Wedani No. 1 Yogyakarta Indonesia

3. Art Discussion | registration required | free of charge
Tanggal 8 - 9 Juni 2014 
di Gedung Societet Militer, Taman Budaya Yogyakarta

More info: @artjog
Sumber: ART JOG